Cara Burning CD/DVD Tanpa Software Tambahan Windows


Tidak sedikit software aplikasi pendukung burning saat ini. Tetapi apakah anda tahu jika dalam Windows yang kita selama ini pakai sebenarnya telah dilengkapi pendukung untuk burning?

Burning yang tersedia di Windows memang tidak selengkap software aplikasi eksternal yang mempunyai kelebihan lainBurning yang terdapat di Windows hanya sekedar bersifat menyalin, sistemnya seperti copy-paste.

Menurut saya ini sudah cukup efektif, simpel dan tidak meribetkan, saya sudah sering menggunakannya dan seringkali berhasil tanpa kesalahan. Hanya saja saya belum pernah mencoba burning dengan size atau ukuran file yang besar. Yang sudah pernah saya coba adalah burning mencapai kapasitas ratusan MB, belum pernah sampai GB.

Untuk anda yang akan burning file yang tidak terlalu besar saya sarankan lebih baik menggunakan burning bawaan dari Windows ini. Apalagi file yang kita akan burning hanya sebatas file dokumen-dokumen, mungkin seperti foto, dokumen skripsi maupun Tesis.



Baik, sebelum saya tunjukkan langkahnya saya informasikan jika windows yang saya pakai ini tutorial ini menggunakan windows 10 Enterprise, tapi bagi anda yang masih menggunakan windows di bawahnya tidak perlu kuwatir, saya sudah pernah mencobanya dan semua berhasil. Hanya saja saya belum pernah burning menggunakan windows XP ke bawah, tapi saya rasa sudah bisa juga.

Tanpa panjang lebar silahkan ikuti petunjuk di bawah ini:


1. Siapkan file yang mau kita burning, jangan lupa CD/DVD nya. Anda bisa pakai  R atau RW.

2. Masukan CD/DVD anda ke DVD Rom di laptop atau di PC anda. Jika muncul seperti di bawah ini maka silahkan Anda pilih yang bertuliskan With a CD/DVD player. Untuk Disc title boleh anda beri nama terserah anda.



3. File yang anda akan burning silahkan anda Block semua, kemudian masuk pada menu Share dan Klik Burn to disk. Jika di Windows 7 pada baris menu toolbar yang ada di atas silahkan anda klik Burn.


4. Kemudian file yang anda akan burning akan di bawa ke dalam Rom DVD. Tapi ini belum selesai, masih ada satu langkah lagi karena file ini hanya bersifat Shortcut saja.

5. Langkah selanjutnya silahkan klik kanan pada sembarang tempat  di ruang itu atau boleh Klik di Drive DVD nya dan pilih Burn to disk.


6. Jika muncul seperti pada gambar di bawah ini maka silahkan isikan nama disk anda yang berada di kolom Disk title kemudian klik Next


7. Jika sudah maka tunggu sampai proses selesai. Proses selesai dengan lengkap setelah nanti tiba-tiba CD/DVD anda keluar/membuka otomatis.


Itulah tadi Cara Burning CD/DVD Tanpa Software Tambahan Windows, selamat mencoba semoga Anda berhasil. Jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon